Bali Indonesia

Dikenal sebagai Pulau Dewata, dengan keindahan alam mulai dari gunung api, lahan persawahan dengan terasering bertingkatnya, Bali memancarkan suasana tenang dan damai. Tak hanya itu, Bali juga dikenal sebagai surga bagi para peselancar! Kekayaan budaya Bali yang penuh dengan tarian-tarian eksotis dan upacara adat, hingga hasil karya seninya. Bali juga memiliki resor pantai yang mewah serta kehidupan malam yang begitu menarik. Sepanjang Sobat Pesona menjelajahi Pulau Bali pun, kamu dapat menemukan banyak Pura dengan ukiran etnik yang cukup rumit.

Kerajinan Tangan dari Para Dewa

Terdapat ribuan toko oleh-oleh di Bali, dari Denpasar hingga Ubud, Sobat Pesona akan mudah mendapatkan banyak barang yang menarik untuk dibawa pulang. Sobat dapat membawa beragam oleh-oleh dari Bali, mulai dari camilan, minuman yang menggugah selera, hingga kerajinan tangan yang istimewa seperti Tenun Bali.

Jika Sobat Pesona berpikir untuk membawa pulang oleh-oleh, pasar oleh-oleh Sukowati tidak boleh dilewatkan begitu saja. Banyaknya hasil kerajinan unik yang akan kamu temui di sana mungkin akan membuat kebingungan untuk menentukan pilihan.

Sebagian besar hotel berbintang di Bali terletak di dekat pantai. Bahkan beberapa hotel tersebut memiliki pantai pribadi, dimana Sobat akan mendapatkan pengalaman yang lebih eksklusif. Sobat Pesona dapat menemukan hotel-hotel tersebut di lokasi-lokasi populer seperti Kuta, Sanur, dan Seminyak.

Kuta memiliki berbagai beragam butik dan toko yang menjual berbagai barang unik. Mulai dari kaus berwarna cerah, pakaian berselancar, sandal jepit hingga pernak-pernik yang unik dapat Sobat Pesona temui di sana. Jika ingin membeli bahan makanan atau minuman yang kering, kopi Bali termasuk salah satu kopi yang paling aromatik. Sobat Pesona mungkin juga akan tertarik dengan minyak esensial beraroma terapi yang dapat memberikan pengalaman relaksasi yang lebih nyaman.

Nikmati Atmosfer yang Berbeda

Karena Bali terletak 8 derajat di selatan khatulistiwa, Sobat Pesona akan merasakan iklim tropis yang hangat dan lembab di sepanjang tahun. Di Bali ada dua musim utama yang bisa Sobat Pesona alami: Musim Kemarau dan Musim Hujan. Bagi yang mencari udara sejuk pegunungan, berkunjunglah ke bagian tengah pulau Bali yang memiliki beberapa puncak dengan ketinggian yang melebihi 3000 meter diatas permukaan laut. Curah hujan di daerah ini lebih banyak dibandingkan daerah pesisir.

Pantai dengan pasir putih tentunya menjadi tujuan favorit untuk liburan keluarga di Bali. Ada beragam olahraga air yang dapat Sobat Pesona coba. Mulai dari serunya parasailing, jet ski, berenang, atau mungkin hanya ingin bersantai, berjemur, dan menikmati suasana pantai.

Salah satu pantai yang paling terkenal di Bali adalah Pantai Kuta. Berbagai hotel, restoran, toko dan kafe dapat sobat temukan di sepanjang jalan Pantai Kuta. Di malam hari, Sobat Pesona dapat mendengar beat musik sepanjang jalan ini.

Nikmati juga malam yang lebih tenang di Pantai Jimbaran yang terkenal sebagai tempat menikmati seafood bakar yang segar. Hotel-hotel internasional berbintang lima, akomodasi mewah, serta restoran mewah dapat Sobat Pesona temukan di Seminyak. Bila mengunjungi daerah Pantai Sanur, banyak sekali pilihan hotel dan restoran. Sementara itu, daerah Nusa Dua dipenuhi dengan pantai pribadi yang berada di depan hotel super mewah.

Penuhi kebutuhan Vitamin Sea-mu

Para peselancar sangat menggandrungi ombak di Nusa Lembongan dekat Nusa Penida. Pulau-pulau ini dapat dicapai menggunakan perahu selama 45 menit dari Nusa Dua atau Sanur. 

Sobat Pesona dapat menemukan Manta Point dan Malibu Point di barat daya pesisir Nusa Penida dimana para penyelam dapat berenang bersama ikan trevally, pari besar, bahkan hiu. Pantai Kelingking, Pantai Atuh dan Broken Beach adalah beberapa tempat yang paling terkenal di pulau Nusa Penida.

Tempat menyelam terbaik dapat Sobat Pesona temukan di Pulau Menjangan. Kaya akan hamparan karang, sisa jangkar, garden eel serta goa yang siap di jelajahi. Terletak di barat Pulau Bali, di sini Sobat Pesona dapat menikmati pemandangan langka yaitu rusa yang berenang di dekat pantai. Pemuteran, juga terkenal sebagai lokasi penyelaman dan konservasi terumbu karang.

Sobat Pesona juga bisa menjelajahi Taman Nasional Bali Barat, di mana anda bisa berinteraksi lebih dekat dengan kekayaan flora dan fauna Bali, salah satunya Burung Jalak Bali.

Bali juga menawarkan white water rafting kelas dunia yang bisa dirasakan dengan mengarungi sungai Ayung yang berlokasi dekat Ubud. Jika Sobat Pesona suka bersepeda, Ubud dan sekitarnya juga merupakan kota dengan pemandangan yang indah dan cocok untuk bersepeda. Uluwatu Selatan juga memiliki rute bersepeda yang cukup baik untuk variasi suasana.

Pacu Adrenalinmu!

Buat Sobat Pesona pendaki gunung, Gunung Agung akan sangat menarik untuk didaki. Pendakian bisa dimulai dari belakang Pura atau melalui Desa Sebudi. Namun, pastikan Sobat Pesona telah meminta izin dari pengurus Pura ya! Hal tersebut dikarenakan otoritas daerah Bali melarang siapapun untuk berada di posisi lebih tinggi dari Pura, terlebih saat upacara keagamaan berlangsung.

Gunung Batur juga dapat menjadi destinasi Sobat Pesona untuk bertualang. Sobat Pesona akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah karena posisinya yang langsung menghadap Danau Batur yang tenang di Kintamani. 

Tarian Kecak dipentaskan secara dramatis pada ruang terbuka yang berlokasi di atas tebing, dekat Pura Uluwatu. Rasakan momen tak terlupakan saat matahari perlahan-lahan terbenam di cakrawala diiringi dengan pertunjukan seni paling ikonik khas Bali. Tarian Kecak menceritakan kisah Ramayana, dimana Istri Pangeran Rama yaitu Sinta, diculik oleh raksasa yaitu Rahwana.

Manjakan Mata dan Jiwamu

Setelah Sobat Pesona berpetualang sepanjang hari, istirahatkan tubuh dan jiwamu dalam relaksasi sempurna melalui Balinese spa yang bisa ditemukan di seluruh penjuru Bali. Produk yang digunakan dalam Balinese spa dibuat dengan bahan-bahan lokal berkualitas tinggi yang cocok juga untuk dijadikan oleh-oleh.

Moda Transportasi

Banyak moda transportasi yang dapat membantu Sobat Pesona bepergian di Bali. Berbagai paket wisata setengah hari, hingga seharian penuh selalu tersedia di meja hotel. Sobat Pesona juga dapat dengan mudah menemukan agen perjalanan atau operator wisata, atau mobil dan sopir yang siap menjadi guide. Tinggal memberitahu tujuan dan rute yang ingin dituju dan negosiasikan harganya. 

Hal yang terpenting saat bepergian di Bali adalah kesabaran! Walaupun sistem lalu-lintas di daerah padat penduduk cukup masuk akal (tergantung kondisi), kondisi tersebut juga dapat berubah di jam-jam sibuk. Prosesi upacara seringkali mengambil seluruh jalan sehingga Sobat Pesona bisa saja terjebak di belakang rombongan prosesi tersebut. Jangan lupa tetap sabar dan nikmatilah pengalaman berwarnanya!

Menuju Ke Bali

Jalur Udara

Bila Sobat Pesona memilih transportasi udara untuk menuju ke Bali, pilihlah tujuan Bandara Internasional Ngurah Rai. Penerbangan internasional dan nasional tersedia sepanjang waktu dan siap membawa pengunjung menuju Pulau Dewata.

Namun, Bandara Ngurah Rai dijadwalkan untuk tutup selama Hari Raya Nyepi tiap tahunnya selama 24 jam. Saat Nyepi, seluruh penjuru Bali melakukan ritual sakral yang membuat seluruh kegiatan di pulau ini berhenti selama satu hari penuh.

Jalur Darat

Sobat Pesona bisa mengakses transportasi umum di Bali melalui perusahaan travel dan bus. Jika ingin mencoba perjalanan darat yang lebih panjang, pastikan Sobat Pesona sudah siap untuk berkendara dalam waktu yang lama.

Dari ibu kota Jakarta, perjalanan darat akan memakan waktu 30 jam hingga beberapa hari. Semuanya tergantung apakah Sobat Pesona juga ingin berhenti dan menikmati kota-kota yang dilalui.

Jalur Laut

Sobat Pesona juga dapat mengakses Bali dengan kapal feri dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di Lombok, Sobat Pesona bisa berpetualang di tengah keindahan gunung Rinjani dan juga pantai-pantai menakjubkan di Pulau Gili.

Dari Pulau Jawa, Sobat Pesona juga bisa mencapai Bali dengan feri dari Banyuwangi, Jawa Timur. Kota ini dikenal dengan slogan “the Sunrise of Java”. Di sini Sobat Pesona bisa mengalami perjalanan yang seru menuju Kawah Ijen dan menyaksikan indahnya “api biru” Kawah Ijen.

Sumber: https://www.indonesia.travel/id/id/destinations/bali-nusa-tenggara/bali