Yogyakarta

Bersama dengan kota sahabatnya Surakarta (Solo), Yogyakarta adalah asal mula peradaban di Tanah Jawa. Kota ini pernah menjadi singgasana yang menghasilkan Candi Borobudur and Prambanan yang begitu megah pada abad ke-8 dan ke-9 serta tempat berkuasanya kerajaan Mataram pada abad ke-16 dan ke-17.

Yogyakarta pernah dikenal dengan slogannya yang berbunyi “Jogja The Neverending Asia“ berkat daya tariknya yang luar biasa. Sekarang, kota ini juga dikenal sebagai “Jogja Istimewa“ karena nilai-nilainya yang dianut begitu eloknya.

Kota ini adalah salah satu dari beberapa pusat kebudayaan di Indonesia. Setiap pengunjung bisa menjelajahinya dengan berjalan-jalan di Museum Keraton (Istana Sultan), bercengkrama di Alun Alun Kota, melihat proses pembuatan perhiasan di Kotagede, sampai berbelanja di Malioboro.

Banyak petualangan yang bisa Sobat Pesona lakukan di kota yang relatif kecil namun penuh dengan kehidupan ini, salah satunya adalah mengejar matahari terbit di candi-candi terkenal seperti Prambanan dan Borobudur di kota tetangga di Magelang.

Keajaiban Warisan Sejarah

Sobat Pesona dapat merasakan lima keajaiban di kota yang sangat “nyeni” ini. Mulai dari menikmati keajaiban alam dengan mengunjungi pantai sampai berpetualang ke lanskap elok lainnya. Pantai Parangtritis, Indrayanti, Pok Tunggal, Siung, Krakal, dan Jogan adalah beberapa pantai yang terkenal di kota ini. Titik-titik pemandangan menarik bisa Sobat Pesona temukan di Puncak Becici, Pinus Pengger, dan Jurang Tembelan. Ini hanyalah sebagian kecil dari begitu banyak lagi daya tarik alam yang bisa Sobat Pesona telusuri di Yogyakarta!

Untuk menikmati keajaiban kulinernya, jangan lupa untuk mencoba Gudeg, racikan istimewa dari resep tradisional Jawa yang telah menjadi ciri khas kota ini.  Jangan lupa cicipi juga Bakpia, cemilan tradisional dengan banyak rasa menarik yang populer sebagai cinderamata. Untuk minumannya, Sobat Pesona dapat mencoba Jamu, minuman tradisional campuran berbagai macam tumbuhan berkhasiat yang sering digunakan untuk pengobatan alamiah.

Batik adalah warisan bangsa yang namanya berasal dari bahasa Jawa, “amba” dan “titik”, yang berarti menulis titik-titik. Secara hakikatnya, Batik merupakan seni menghias kain dengan menggunakan lilin dan pewarna. Yogyakarta memiliki pola khas Batik yang biasanya dibuat  dengan latar belakang putih terang. Beberapa diantaranya adalah motif Parang Kusumo, Kawung, dan Truntum. Setiap motif dibuat dengan filosofi istimewa yang terletak di setiap guratannya.

Terdapat beberapa jenis Batik dilihat dari teknik pembuatanya, yaitu Batik Tulis, Batik Cap, Batik Print, serta hasil gabungan dari ketiga teknik tersebut. Batik paling mahal adalah Batik Tulis, yang 100% dibuat dengan keterampilan tangan manusia. Harga Batik Tulis akan menjadi lebih mahal bila dibuat dari kain sutra. Membuat Batik Tulis dengan kualitas cemerlang dapat memakan waktu produksi dari seharian penuh hingga berbulan-bulan proses, tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan rancangannya.

Wayang juga merupakan salah satu warisan sejarah yang berasal dari Yogyakarta. Ada Wayang Kulit yang dimainkan di pementasan oleh dalang lewat layar putih yang disinari cahaya. Ada juga Wayang Orang, penampilan drama yang dipentaskan para aktor laki-laki dan perempuan yang menggunakan kostum dengan menampilkan pesan filosofis dari sejarah kuno.

Sobat Pesona juga dapat menikmati keajaiban rekreasi dengan mengunjungi desa wisata di Yogyakarta. Tembi, Pentingsari, dan Nglanggeran adalah tiga desa wisata yang bisa kamu kunjungi. Jelajahi desa yang asri dan simak kearifan lokal dari kehidupan warga sehari-hari sambil mempelajari kemampuan baru, seperti bermain gamelan, membuat janur, dan melakukan tarian khas adat Jawa!

Banyak juga petualangan yang bisa kamu rasakan di Yogyakarta. Mulai dari  mendaki Taman Nasional Gunung Merapi, serunya naik jeep sepanjang jalur pendakian, dan mendaki Gunung Nglanggeran, sebuah gunung berapi kuno yang berlokasi di sebuah desa yang indah.

Di Pantai Siung, Sobat Pesona juga bisa melakukan rock climbing atau melakukan penjelajahan di Goa Pindul. Kamu juga bisa mengunjungi Goa Jomblang untuk merasakan sensasi caving yang luar biasa unik.

Yogyakarta adalah sebuah kota dengan banyak atraksi yang dapat dinikmati. Hal ini membuat Yogyakarta sebagai destinasi kedua yang paling banyak dikunjungi wisatawan setelah Bali.

Akses Menuju Destinasi

Udara

Sobat Pesona bisa temukan banyak penerbangan harian dari JakartaSurabaya, dan Bali ke Bandara Adisucipto dan Yogyakarta International Airport.

Darat

Sobat Pesona juga  dapat menggunakan layanan kereta reguler ke Yogyakarta dari banyak kota besar lain di Pulau Jawa. Kota Gudeg ini juga mudah diakses lewat jalan raya dengan mobil atau layanan bus umum. 

Akses Jelajah Destinasi

Ketika Sobat Pesona tiba, ada banyak cara yang bisa dipilih untuk mengeksplor Yogyakarta. Berjalan kaki adalah cara yang direkomendasikan agar kamu bisa menikmati pemandangan lebih dekat dan bertemu warga sekitar. Bila kamu berjalan-jalan di jantung kota, kamu akan menemukan banyak atraksi yang terletak di dekat area Malioboro.

Cobalah moda transportasi lokal seperti becak, mobil kecil roda tiga yang tradisional. Jangan lupa untuk menawar harga sebelum kamu memulai perjalanan. Kereta kuda tradisional yang dikenal dengan Andong juga dapat ditemukan di area wisata di Yogyakarta. Ini adalah cara paling santai dan romantis untuk melihat-lihat pemandangan.  

Bila ingin lebih jauh menjelajah, Sobat Pesona juga bisa menyewa mobil beserta pengemudi selama kamu berada di Yogyakarta. Menyewa sepeda motor sepanjang hari juga menjadi opsi yang bisa dipertimbangkan. Taksi juga dapat kamu gunakan dan bahkan bisa dipanggil ke hotel. Bus adalah transportasi umum yang paling sering ditemukan di sini. Walaupun begitu, jam operasional dan kapasitas mereka dapat menjadi sangat terbatas.

Coba juga menikmati daerah pedesaan di Yogyakarta sambil bersepeda dan temukan sudut-sudut indah yang dapat menginspirasi Sobat Pesona untuk jatuh cinta lebih dalam dengan keistimewaan Yogyakarta!

Kota terdekat yang dapat kamu kunjungi dari Yogyakarta adalah Magelang dan Solo. Sobat Pesona bisa mampir ke Punthuk Setumbu dan pandang keagungan Candi Borobudur dari titik pandang yang berbeda saat matahari terbit. Solo, atau juga dikenal dengan Surakarta memiliki istana megah dan terkenal dengan keajaiban alamnya, seperti Air Terjun Grojogan Sewu.

Sumber: https://www.indonesia.travel/id/id/destinations/java/yogyakarta